Pendaftaran Dibuka Mei 2024, Ini Syarat Beasiswa Al-Azhar Mesir 2024 dari Kemenag

- 19 Mei 2024, 00:47 WIB
Kemenag Buka Pendaftaran dan Beasiswa Al-Azhar Mesir, Ini Persyaratannya
Kemenag Buka Pendaftaran dan Beasiswa Al-Azhar Mesir, Ini Persyaratannya /


Songgolangit.com – Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengumumkan pembukaan seleksi kompetensi untuk calon mahasiswa baru yang bercita-cita menuntut ilmu di Universitas Al Azhar, Mesir, untuk tahun akademik 2024/2025.

Seleksi yang dijadwalkan pada 14-24 Mei 2024 ini, terbuka bagi lulusan madrasah aliyah (MA) atau pondok pesantren (ponpes) yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi mereka.

Menurut Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad, seleksi ini mencakup placement test atau tahdid mustawa dan matrikulasi bahasa Arab.

"Kedua uji kompetensi ini merupakan prasyarat bagi siswa yang ingin mengikuti perkuliahan dan ujian di Universitas Al Azhar," jelas Abu dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Terungkap! Kisaran UKT IAIN Ponorogo 2024, Cara Bayar, Dan Syarat Mendapatkan Beasiswa KIP

Universitas Al Azhar, yang merupakan salah satu institusi pendidikan tertua dan paling terkemuka di dunia Arab, telah menetapkan standar tinggi untuk penerimaan mahasiswa baru.

Oleh karena itu, Kemenag menyelenggarakan uji kompetensi ini sebagai langkah awal untuk mengidentifikasi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Arab dan pengetahuan agama yang memadai.

Selain itu, Abu Rokhmad mengungkapkan bahwa Kedutaan Besar Mesir di Jakarta menawarkan 20 kuota beasiswa untuk warga negara Indonesia setiap tahunnya.

"Peserta yang lulus tes kompetensi akan mendapatkan rekomendasi untuk melanjutkan studi dan mereka juga berkesempatan mengikuti matrikulasi bahasa di lembaga yang diakui," tambahnya.

Baca Juga: Beasiswa S2 Kominfo untuk PNS hingga Startup, Daftar Sekarang!

Halaman:

Editor: Yudhista AP

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah