3 Fase Pertumbuhan Padi, Beserta Gambar Ilustrasi yang Mudah Dipahami

- 24 Mei 2024, 20:26 WIB
Pertumbuhan Padi: Tinjauan Mendalam dari Fase Vegetatif hingga Pematangan
Pertumbuhan Padi: Tinjauan Mendalam dari Fase Vegetatif hingga Pematangan /Sanghyang Seri/

Songgolangit.com - Pertanian padi merupakan salah satu sektor utama yang mendukung perekonomian Indonesia. Tanaman padi sendiri, sebagai sumber pangan utama, mengalami proses pertumbuhan yang kompleks, yang terbagi dalam tiga fase penting: fase vegetatif, fase reproduktif, dan fase pematangan.

Pemahaman mendalam tentang ketiga fase ini esensial bagi petani dalam meningkatkan produktivitas padi.

Makarim dan Suhartatik (2007) menyatakan bahwa fase vegetatif padi dimulai dari awal pertumbuhan hingga pembentukan bakal malai atau primordia.

Fase reproduktif berlangsung dari primordia hingga pembungaan, sedangkan fase pematangan mencakup periode dari pembungaan hingga gabah matang.

Baca Juga: Hasil Riset BRIN: Kenaikan Suhu Malam Hari Bisa Turunkan Hasil Panen Padi Hingga 50%!

Pemeliharaan tanaman, sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas, membutuhkan pemahaman yang baik terhadap fase-fase tersebut.

Menurut pakar pertanian Suhartatik, "Memelihara tanaman padi bukanlah pekerjaan yang mudah. Pengalaman dari kebiasaan bertani sering kali menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai produktivitas yang tinggi."

Oleh karena itu, bagi para petani pemula, penting untuk memahami fase pertumbuhan tanaman padi, mulai dari penyemaian benih hingga panen.

Fase vegetatif tanaman padi meliputi tahap perkecambahan benih, pertunasan, dan pembentukan anakan.

Halaman:

Editor: Yudhista AP


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah