Bagaimana Ciri-ciri Ijazah Palsu? Begini Cara Cek Keaslian Ijazah S1 Secara Online

- 4 Juni 2024, 08:13 WIB
Deteksi Ijazah Palsu: Langkah Mudah Melalui Cek Online
Deteksi Ijazah Palsu: Langkah Mudah Melalui Cek Online /


Songgolangit.com - Di tengah maraknya penipuan yang berlangsung dalam dunia pendidikan, keaslian ijazah menjadi perhatian utama bagi para pemangku kepentingan. Tidak jarang, ijazah palsu beredar dan digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari melamar pekerjaan hingga pengajuan beasiswa. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengenali ciri-ciri ijazah asli dan mengetahui cara melakukan verifikasi.

Ijazah asli, yang merupakan bukti autentik penyelesaian pendidikan di suatu lembaga, ditandai dengan beberapa karakteristik khusus. Di antaranya adalah keberadaan tanggal penerbitan yang jelas serta tanda tangan pejabat berwenang yang tidak dapat dipalsukan. Nomor ijazah dan nomor seri yang tertera pada dokumen juga menjadi bagian penting, karena setiap ijazah diberikan nomor identifikasi unik yang dapat dilacak.

Selain itu, jenis kertas yang digunakan bukanlah sembarang kertas. Ijazah asli dibuat dengan kertas tebal khusus yang diproduksi oleh Perum Peruri, sebuah perusahaan yang berwenang mencetak dokumen-dokumen negara. Ciri khas lainnya adalah hologram permanen yang menyatu dengan kertas, yang tidak dapat dilepas tanpa merusak dokumen.

Namun, itu hanya berlaku untuk ciri fisik ijazah sekolah yang blangkonya dicetak oleh negara. Sedangkan ijazah perguruan tinggi biasanya dicetak sendiri oleh kampus penerbit sertifikat, termasuk untuk kampus milik pemerintah. Karena itulah, pemerintah menyediakan database untuk memudahkan masyarakat mengecek ijazah dari perguruan tinggi.

Baca Juga: Ijazah S1 Tak Cukup untuk Guru CPNS/PPPK 2024, Ini Syarat Wajibnya!

Untuk memudahkan proses verifikasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) telah menyediakan layanan cek keaslian ijazah secara online melalui situs resmi mereka. Melalui Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil), masyarakat dapat memverifikasi ijazah dengan langkah-langkah yang sederhana.

Berikut adalah prosedur yang dapat diikuti untuk melakukan pemeriksaan melalui Sivil:

  1. Kunjungi laman https://ijazah.kemdikbud.go.id/.
  2. Pilih nama perguruan tinggi dan program studi yang relevan.
  3. Masukkan nomor ijazah dan angka pengaman yang tertera.
  4. Klik tombol ‘Verifikasi’.
  5. Jika ijazah terdaftar, layar akan menampilkan data pemilik ijazah termasuk nama, NIM, dan tanggal kelulusan.

Selain melalui Sivil, verifikasi juga bisa dilakukan melalui situs PPDikti Kemendikbudristek dengan langkah-langkah yang serupa. Apabila data tidak ditemukan dalam sistem, pemilik ijazah disarankan untuk segera menghubungi perguruan tinggi penerbit ijazah tersebut.

Baca Juga: Kemenkumham Buka Pendaftaran Catar Poltekip dan Poltekim Tahun Ajaran 2024 untuk Lulusan SMA/Sederajat

Cara Cek Data Ijazah Alumni Perguruan Tinggi Secara Online

Dalam upaya meminimalisir praktik pemalsuan dokumen pendidikan, khususnya ijazah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyediakan layanan verifikasi ijazah secara online. Proses ini dapat dilakukan melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang terintegrasi dalam situs resmi Kemendikbudristek.

Pangkalan Data Dikti atau PPDikti merupakan inisiatif Kemendikbudristek yang bertujuan untuk menghimpun informasi terkait data pendidikan tinggi di Indonesia. PPDikti menyediakan data yang akurat mengenai profil mahasiswa, dosen, serta lembaga pendidikan tinggi, yang dapat diakses oleh masyarakat luas.

Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 5478/A.P1/SE/2017 telah menetapkan bahwa data mahasiswa dari tahun ajaran 2003/2004 untuk program studi umum, tahun ajaran 2009/2010 untuk program studi keagamaan, dan tahun ajaran 2012/2013 untuk perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian harus tercatat dalam PDDikti.

Halaman:

Editor: Yudhista AP

Sumber: kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah