Pemerintah Kota Madiun Distribusikan Bantuan Pangan Beras, 10.225 Warga Terima Manfaat

- 6 Juni 2024, 07:33 WIB
Bulog dan Pemerintah Pastikan Bantuan Beras: 60kg untuk Setiap Warga
Bulog dan Pemerintah Pastikan Bantuan Beras: 60kg untuk Setiap Warga /madiuntoday/


Songgolangit.com – Pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) kembali menggelontorkan bantuan pangan beras untuk masyarakat. Di Kota Madiun, penyaluran bantuan pangan beras ini dilaksanakan mulai Rabu (5/6) dan akan berlangsung hingga Jumat mendatang. Bantuan ini merupakan bagian dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang bertujuan untuk memastikan ketahanan pangan di tengah masyarakat.

Di Kelurahan Manisrejo, sejumlah 479 warga tercatat sebagai penerima bantuan. Secara keseluruhan, Kota Madiun memiliki 10.225 warga yang berhak atas bantuan pangan beras tahun alokasi 2024 ini. Penyaluran bantuan dilakukan di kantor-kantor kelurahan yang tersebar di kota tersebut, memudahkan warga untuk mengakses bantuan yang diberikan.

Kabid Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, Sumini, menyatakan, "Hari ini mulai penyaluran bantuan pangan untuk alokasi Mei. Tahun ini masih ada satu alokasi lagi untuk Juni."

Beliau menjelaskan bahwa penyaluran bantuan beras seberat 10 kilogram per penerima dijadwalkan hanya sebanyak enam kali dalam setahun. Dengan demikian, bantuan untuk bulan Juni akan menjadi alokasi terakhir di tahun ini.

Baca Juga: Perayaan Ulang Tahun Berakhir dengan Konvoi Berdarah, 11 Tersangka Dibekuk!

"Insyaallah (alokasi Juni) juga disalurkan bulan ini. Tapi kita tunggu perkembangan lebih lanjut dari Bulog dan PT Yasa," ujar Sumini. Apabila alokasi Juni dapat disalurkan bersamaan dengan Mei, maka akan ada dua penyaluran dalam satu bulan yang sama. Namun, berdasarkan riwayat penyaluran sebelumnya, bantuan seringkali baru disalurkan pada bulan berikutnya.

Program bantuan pangan beras ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya, dimana tiap penerima akan mendapatkan total 60 kilogram beras. Meskipun demikian, Sumini menyampaikan bahwa pihaknya belum dapat memastikan apakah program ini akan berlanjut di semester kedua tahun ini atau tidak. Informasi yang ada hanyalah bahwa bantuan akan diberikan hingga alokasi Juni, dengan semua data penerima bantuan berasal dari pemerintah pusat.

Dibandingkan tahun lalu, jumlah penerima bantuan di Kota Madiun mengalami peningkatan. Tercatat pada tahun 2023, terdapat 9.919 penerima, sehingga terjadi penambahan sebanyak 306 penerima pada tahun ini.

Bantuan Pangan Beras telah terlaksana sejak awal tahun 2023 dalam dua tahapan, dan dilanjutkan pada tahun 2024. Bantuan ini disalurkan mulai Januari hingga Maret dan berpotensi diperpanjang hingga Juni, tergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga: Magetan Terima Dana Segar Bantuan: Cek Bansos BNPT untuk Pendidikan dan UKM Gempur Radikalisme!

Program Bantuan Pangan Beras adalah inisiatif pemerintah dalam mengalokasikan beras dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola oleh Bulog. Inisiatif ini adalah manifestasi dari amanat Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah, yang menegaskan pentingnya pemanfaatan CBP untuk menjamin ketahanan pangan nasional. ***

Editor: Yudhista AP

Sumber: Pemkot Madiun


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah