Kabupaten Madiun Bergerak Maju: Upaya Peningkatan IPM Melalui Dunia Pendidikan

- 7 Juni 2024, 05:51 WIB
Sarasehan Mengungkap Strategi Kabupaten Madiun dalam Membangun Generasi Pintar dan Berkualitas
Sarasehan Mengungkap Strategi Kabupaten Madiun dalam Membangun Generasi Pintar dan Berkualitas /Pemkab Madiun/


Songgolangit.com – Kabupaten Madiun menunjukkan komitmen dalam memajukan kualitas hidup warganya melalui peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang pada tahun 2023 telah mencapai angka 72,98. Peningkatan ini tidak lepas dari perhatian serius pemerintah daerah terhadap sektor pendidikan, yang tercatat memiliki indeks sebesar 0,640.

Dalam sarasehan yang berlangsung pada Rabu (5/6/2024), Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, menyampaikan bahwa upaya peningkatan IPM tidak dapat dilepaskan dari strategi peningkatan kualitas pendidikan.

"Ada dua hal yang kita lakukan untuk meningkatkan IPM. Pertama, bagaimana meningkatkan rata-rata nama sekolah dan menghilangkan angka putus sekolah, salah satunya mengembangkan dan memperluas PKBM," tutur Tontro.

Baca Juga: Pendaftaran PPDB Ponorogo 2024: Pendidikan Gratis Berkualitas Tanpa Pungutan, Benarkah?

Tontro Pahlawanto menekankan pentingnya memastikan tidak ada siswa yang terpaksa mengundurkan diri dari bangku pendidikan, baik di jenjang SD, SMP, maupun SMA. Inisiatif ini merupakan langkah konkret dalam meminimalisir jumlah Anak Tidak Sekolah (ATS) dan meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Siti Zubaidah, mengungkapkan bahwa sarasehan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan, khususnya peningkatan rata-rata lama sekolah. "Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan formal atau ATS mendapatkan tempat untuk mencapai hak pendidikannya," ujar Siti.

Baca Juga: Pendidikan HOS Tjokroaminoto: Pemikir Bandel yang Berhasil Mengobarkan Ideologi Perlawanan

Lebih lanjut, Siti Zubaidah menyatakan bahwa satuan pendidikan non formal diharapkan dapat menjadi solusi bagi anak-anak yang putus sekolah atau belum pernah mendapatkan pendidikan. Hal ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan indeks pendidikan di Kabupaten Madiun.

Pemkab Madiun, dengan dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, terus berupaya menciptakan inovasi dalam bidang pendidikan. Melalui program-program yang dirancang, Kabupaten Madiun berambisi untuk tidak hanya meningkatkan angka IPM, tetapi juga mempersiapkan generasi yang cerdas dan kompetitif untuk masa depan yang lebih baik. ***

Editor: Yudhista AP

Sumber: Pemkab Madiun


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah