Idul Adha Segera Tiba, Harga Bahan Pokok di Madiun Tak Bikin Kantong Jebol!

- 11 Juni 2024, 21:52 WIB
Stabilitas Harga Bahan Pokok Menjelang Idul Adha di Kota Madiun
Stabilitas Harga Bahan Pokok Menjelang Idul Adha di Kota Madiun /Syahrial /Oke Tebo


Songgolangit.com – Harga sejumlah bahan pokok di Kota Madiun terpantau stabil menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah. Berdasarkan pantauan di Pasar Besar Kota Madiun (PBM), beberapa komoditas seperti beras medium jenis IR 64 dilepas dengan harga Rp12.000 hingga Rp12.500 per kilogram. Tak hanya itu, komoditas lain seperti telur ayam ras dan minyak goreng pun dijual dengan harga yang terjangkau, berturut-turut Rp26.000 per kilogram dan Rp15.500 per liter.

Kestabilan harga juga terlihat pada gula pasir yang dijual dengan kisaran harga Rp16.500 hingga Rp17.000 per kilogram. Sementara itu, terjadi penurunan harga pada bawang merah, dari Rp50.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram, dan bawang putih tetap pada harga Rp33.000 per kilogram.

Budiono, salah satu pedagang di PBM, mengungkapkan bahwa ketersediaan bahan pokok di Kota Madiun saat ini sangat melimpah. "Beras turun karena banyak yang panen, insya allah bisa turun lagi ini," ungkap Budiono dalam wawancara dengan RRI pada Selasa (11/6/2024).

Menurut pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, harga rempah-rempah biasanya mengalami kenaikan saat mendekati Hari Raya Idul Adha. Hal ini dikarenakan banyaknya warga yang membutuhkan rempah untuk mengolah daging kurban.

Baca Juga: Dari Sembako Hingga Pupuk, Ide Usaha BUMDes Dipaparkan Bupati Pacitan

Namun, Budiono menambahkan, "Biasanya yang paling banyak diburu menjelang hari raya kurban kan bumbu rempah-rempah itu, tapi naiknya harga paling ya nggak banyak."

Pedagang lain yang bernama Hartini juga menyatakan bahwa harga bahan pokok cenderung stabil. Ia menyebutkan, "Stabil ini harganya, malah beras yang turun. Dulu kan yang medium sampai Rp14.000 per kg, ini tinggal Rp12.500 per kg."

Hartini berharap bahwa harga bahan pokok, khususnya di Kota Madiun, akan terus stabil dan pasokannya tersedia, sehingga warga tidak mengalami kesulitan mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau.

Data dari Siskaperbapo pada tanggal 11 Juni 2024 mencatat harga rata-rata beberapa komoditas di Kota Madiun, yaitu beras premium Rp14.666 per kilogram, beras medium Rp11.833 per kilogram, telur ayam ras Rp26.333 per kilogram, dan minyak goreng curah Rp16.000 per liter.

Stabilitas harga ini tentunya membawa kabar baik bagi warga Kota Madiun yang akan merayakan Idul Adha. Dengan harga bahan pokok yang stabil dan terjangkau, diharapkan warga dapat menjalankan tradisi kurban tanpa beban ekonomi yang berat. ***

Editor: Yudhista AP

Sumber: KBRN Madiun


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah