Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran: 1,87 Juta Kendaraan Masuk Ke Jabodetabek!

- 12 April 2024, 16:32 WIB
Puncak Arus Balik Lebaran di Jalan Tol Trans Jawa Diprediksi Terjadi pada Minggu 14 April
Puncak Arus Balik Lebaran di Jalan Tol Trans Jawa Diprediksi Terjadi pada Minggu 14 April /


Songgolangit.com - Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa puncak arus balik pemudik ke daerah Jabodetabek akan terjadi dimulai pada Minggu 14 April atau H+3 hingga H+7 Lebaran 2024. Diperkirakan jumlah kendaraan yang kembali mencapai sebanyak 1,87 juta.

Dalam rangka mengantisipasi arus balik yang padat, Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, mengimbau kepada pemudik yang memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanan mereka.

Selain itu, Jasa Marga juga memberikan potongan tarif tol sebesar 20 persen untuk kendaraan golongan I yang melintasi Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta, khususnya untuk rute dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama.

Baca Juga: Ketahui One Call Center Jasamarga, dan Nomor Darurat Petugas Layanan Jalan Tol di Jatim

Sebelumnya, tarif yang harus dibayar oleh kendaraan golongan I sebesar Rp421.500, namun dengan potongan tarif ini menjadi Rp337.200. Diskon ini akan berlaku mulai Rabu (17/4) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB

Jasa Marga memastikan bahwa pengguna jalan yang menempuh perjalanan arus balik akan terlayani dengan baik, terutama di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. GT ini merupakan gerbang tol utama untuk masuk wilayah Jabodetabek dari Jalan Tol Trans Jawa.

Menurut Subakti Syukur, berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan tahun lalu, potensi kepadatan lalu lintas akan terjadi di wilayah Salatiga-Semarang karena kendaraan pemudik dari Yogyakarta, Solo, Ngawi, dan Madiun akan bertumpuk di sana. Oleh karena itu, pengguna jalan diharapkan untuk lebih waspada dan bersabar saat melintasi wilayah tersebut.

Baca Juga: Hindari Kemacetan! Ketahui Waktu Puncak Arus Balik Lebaran 2024 dan Dapatkan Diskon Tarif Tol

Dengan adanya lonjakan kendaraan yang diprediksi mayoritas berasal dari Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung, lokasi yang menjadi fokus perhatian untuk diantisipasi oleh pengguna jalan adalah pada kilometer 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Kilometer ini merupakan pertemuan kendaraan dari Bandung dan Trans Jawa menuju Jakarta.

Subakti Syukur mengungkapkan, "Pada prediksi puncak arus balik, peningkatan jumlah volume lalu lintas di titik ini akan mencapai 247,3 persen terhadap normal dan meningkat 18,4 persen terhadap puncak balik Lebaran 2023."

Halaman:

Editor: Yudhista AP

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah