Mekanisme Penyaluran Pupuk Bersubsidi dengan Aplikasi i-Pubers, Petani Hanya Perlu Tunjukkan KTP

- 12 April 2024, 21:52 WIB
Mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi dengan aplikasi i-Pubers
Mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi dengan aplikasi i-Pubers /

Songgolangit.com - Mekanisme penebusan pupuk bersubsidi telah mengalami perubahan. Sekarang, petani harus menggunakan aplikasi Integrasi Pupuk Bersubsidi (I-Pubers) dan menunjukkan KTP asli. Namun, cara ini dianggap ribet oleh petani, terutama mereka yang sudah tua atau berada di daerah yang jauh.

Menurut keterangan dari Kenterian Pertanian, Pemerintah telah menetapkan mekanisme penebusan pupuk bersubsidi, yaitu menggunakan I-Pubers. "Mekanisme penebusannya tahun ini menggunakan I-Pubers. Sistem itu milik Kementerian Pertanian (Kementan) yang disiapkan untuk penebusan pupuk oleh petani," katanya.

Untuk penebusan pupuk bersubsidi, petani diwajibkan membawa KTP asli. Jika petani tersebut tidak bisa datang sendiri, mereka harus memberikan surat kuasa kepada orang lain. Hal ini juga berlaku jika penebusan pupuk bersubsidi dilakukan oleh kelompok tani (poktan).

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pupuk Subsidi Makin Simple, iPubers Permudah Tebus Pupuk Bersubsidi!

Mekanisme ini diterapkan untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan distribusi pupuk bersubsidi. Dengan adanya sistem ini, jika terjadi kekurangan pupuk, penyebabnya bisa ditelusuri. "Dulu saat terwakilkan, tidak ada bukti. Kalau sekarang itu ada buktinya, surat kuasa tersebut," jelasnya.

Penebusan pupuk bersubsidi melalui I-Pubers merupakan mekanisme yang sudah ditetapkan oleh Kementan. Saat ini, semua sistem penebusan telah terdigitalisasi dan tersimpan di aplikasi tersebut.

Dengan demikian, tidak ada lagi masalah jatah pupuk yang sudah habis sebelum diambil. Semua informasi dapat langsung dicek di aplikasi I-Pubers, termasuk siapa yang mengambil pupuk dan KTP-nya.

I-Pubers adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk memudahkan penyaluran pupuk bersubsidi.

Baca Juga: Kementan Gandakan Subsidi Pupuk, Produksi Padi Diharapkan Meroket!

Halaman:

Editor: Yudhista AP

Sumber: Kementerian Pertanian Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah