Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah: Penugasan Sopir Bus Dituding Sebagai Penyebab Utama

- 12 April 2024, 22:48 WIB
Polisi melakukan inspeksi di TKP kecelakaan bus Rosalia Indah, Kamis (11/4/2024). Sopir bus tersebut ditetapkan sebagai tersangka
Polisi melakukan inspeksi di TKP kecelakaan bus Rosalia Indah, Kamis (11/4/2024). Sopir bus tersebut ditetapkan sebagai tersangka /Divhumas Polri/

Songgolangit.com - Sopir bus Rosalia Indah berinisial JW telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kecelakaan tunggal yang mengakibatkan tujuh korban tewas. Kepolisian mengumumkan penetapan tersangka tersebut pada Jumat (12/4/2024).

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Sonny Irawan menyatakan bahwa penetapan tersangka dilakukan setelah melalui gelar perkara. JW sendiri mengaku bahwa ia dalam kondisi mengantuk sebelum terjadinya kecelakaan.

Penetapan JW sebagai tersangka didasarkan pada pemeriksaan saksi-saksi dan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang menghasilkan bukti yang cukup. Tersangka JW dijerat dengan Pasal 310 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Saat ini, JW sudah ditahan.

Baca Juga: Sopir Diduga Mengantuk, 7 Penumpang Meninggal Di Bus Rosalia Indah yang Terperosok di Tol Semarang-Batang

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga telah melakukan serangkaian pemeriksaan dan investigasi terkait kecelakaan ini. KNKT menemukan adanya kesalahan prosedur dalam penugasan sopir bus oleh PO Bus Rosalia Indah yang berpotensi menyebabkan kelelahan.

Ahmad Wildan, Ketua Sub Komisi Lalu Lintas Angkutan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi, menyatakan bahwa KNKT akan terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyusun laporan akhir mengenai kasus kecelakaan ini.

Hasil investigasi menunjukkan bahwa tidak ada masalah teknis yang signifikan pada kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan di KM-370 Tol Batang-Semarang.

Namun, sorotan utama jatuh pada penugasan sopir, terutama pola penugasan dalam tiga bulan terakhir dan satu bulan terakhir sebelum kecelakaan terjadi. Pola penugasan tersebut dapat menyebabkan kondisi "micro sleep" yang meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca Juga: Bus Rosalia Terbakar di Tol Solo-Semarang, Bawa Penumpang Dari Ponorogo Menuju Baturaja

Halaman:

Editor: Yudhista AP

Sumber: RRI Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah