Buruan Daftar! Pemerintah Perpanjang Tenggat Waktu Pembelian Elpiji 3 Kg!

- 13 April 2024, 21:39 WIB
Ilustrasi gas tabung elpiji tiga kilogram
Ilustrasi gas tabung elpiji tiga kilogram /Niaga Asia/

Songgolangit.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan pengumuman penting terkait kebijakan baru dalam mekanisme pembelian gas elpiji 3 kg.

Pendaftaran yang sebelumnya akan ditutup pada akhir tahun 2023, kini diberi perpanjangan waktu hingga 31 Mei 2024. Langkah ini diambil menyusul rendahnya partisipasi masyarakat yang tercatat dalam sistem pendaftaran.

Dari data yang diperoleh, tercatat hanya 31,5 juta penduduk yang telah mengambil langkah untuk mendaftarkan diri, angka ini masih jauh tertinggal dari target yang diharapkan pemerintah.

Mustika Pertiwi, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Ditjen Migas Kementerian ESDM, mengungkapkan bahwa kebijakan perpanjangan ini diambil untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang masih memerlukan akses terhadap elpiji bersubsidi tersebut.

Baca Juga: Gara-gara Viral Selebriti Masak Pakai Gas Melon, Waka Komisi VII usulkan Penghapusan Subsidi Gas Elpiji 3Kg

Proses pendaftaran disederhanakan untuk memudahkan masyarakat. "Masyarakat cukup membawa dokumen pribadi seperti KTP dan KK, serta foto tempat usaha bagi yang memiliki usaha mikro, ke pangkalan resmi Pertamina," ujar Mustika Pertiwi.

Dokumen tersebut akan diverifikasi oleh petugas dan dicatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Kriteria yang ditetapkan pemerintah untuk pengguna elpiji 3 kg meliputi rumah tangga dan pelaku usaha mikro yang menggunakan gas subsidi ini untuk keperluan memasak, termasuk juga nelayan dan petani yang membutuhkannya dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Harga LPG 3kg di Ponorogo Tembus Rp. 25.000, Warga Kelimpungan!

Irto Ginting, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, menegaskan bahwa data yang terintegrasi dalam DTKS dan P3KE akan menjadi acuan dalam sistem server Pertamina. "Ini memastikan bahwa elpiji 3 kg dapat dibeli oleh masyarakat yang benar-benar memenuhi kriteria," tegas Irto.

Halaman:

Editor: Yudhista AP

Sumber: PRMNnews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah