Sosialisasi PTSL 2024 Digelar di 2 Lokasi, Bupati Pacitan Ungkap Strategi Jitu Raih Target Program

- 29 Mei 2024, 06:02 WIB
Pacitan Bergerak Menuju 'Kabupaten Lengkap' PTSL: Sosialisasi Digencarkan
Pacitan Bergerak Menuju 'Kabupaten Lengkap' PTSL: Sosialisasi Digencarkan /Prokopim/Kab. Pacitan

Songgolangit.com – Pemerintah Kabupaten Pacitan bersama Kantor Pertanahan setempat mengintensifkan upaya sosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2024. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Punung dan Kecamatan Donorojo, sebagai tahap awal dari perluasan ke seluruh 12 kecamatan di Pacitan.

Dalam data terkini yang dirilis Kantor Pertanahan Pacitan, ditemukan bahwa masih terdapat sekitar 14.127 bidang tanah di Kecamatan Punung dan 6.463 bidang di Kecamatan Donorojo yang belum terdaftar dalam sistem PTSL. Angka ini merefleksikan tantangan yang harus dihadapi dalam mewujudkan visi “Kabupaten Lengkap” PTSL, yang sejalan dengan target yang dicanangkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, mengungkapkan kesulitan yang dihadapi dalam pencapaian target tersebut.

"Mencapai Kabupaten Lengkap tidak mudah karena masih banyak bidang tanah di Pacitan yang belum terdaftar. Ini memerlukan kolaborasi semua elemen, termasuk partisipasi aktif dari masyarakat," katanya dalam sesi sosialisasi di Kecamatan Punung, Selasa (28/05).

Mas Aji, sapaan akrab Bupati Pacitan, menekankan pentingnya sinergi antara berbagai stakeholder mengingat proses PTSL melibatkan rangkaian kegiatan yang kompleks. Proses ini mencakup tahapan pendataan, pengukuran, hingga penerbitan sertifikat.

Baca Juga: Awalnya Jadi Saksi, Kepala Desa Ini Bisa Menjadi Tersangka Pungli PTSL? Simak Faktanya

Ia juga menyoroti kondisi geografis Pacitan yang menghadirkan tantangan tersendiri, ditambah dengan keterbatasan sumber daya manusia di Kantor BPN Pacitan. Oleh karena itu, dukungan dan kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan untuk memastikan kelancaran program ini.

Ahmad Syaikhu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, juga mengakui bahwa kunci sukses program PTSL adalah kerjasama. Beliau menyebut bahwa pada tahun 2022, Kabupaten Pacitan berhasil memetakan 30 ribu bidang tanah dan berhasil meningkatkan capaian menjadi 60 ribu bidang tanah pada tahun 2023.

"Target menuju Kabupaten Lengkap memang berat, namun ini merupakan kesempatan emas bagi Pacitan untuk memastikan seluruh bidang tanah dapat terpetakan tahun ini," tutur Ahmad Syaikhu. ***

Editor: Yudhista AP

Sumber: Pemkab Pacitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah