Mulai 1 Juni LPG 3 Kg Hanya untuk yang Terdaftar! Segera Cek NIK Anda!

- 1 Juni 2024, 01:54 WIB
Perubahan Tata Cara Pembelian LPG 3 Kg: KTP Menjadi Syarat Mutlak
Perubahan Tata Cara Pembelian LPG 3 Kg: KTP Menjadi Syarat Mutlak /Pertamina Patra Niaga

Songgolangit.com - Mulai 1 Juni 2024, masyarakat yang ingin membeli LPG 3 kg harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat pembelian. Langkah ini diambil untuk memastikan penyaluran LPG bersubsidi tepat sasaran, mengingat selama ini banyak terjadi penyelewengan yang merugikan negara.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, menegaskan bahwa kebijakan baru ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas distribusi subsidi.

"Sejumlah titik agen LPG akan melakukan pendataan berdasarkan KTP yang terdaftar sebagai penerima. Kami memastikan data dari konsumen akan dimasukkan oleh agen LPG ke merchant application," ungkap Riva.

Data terkini menunjukkan bahwa terdapat 41,8 juta Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang telah mendaftar sebagai penerima subsidi tepat LPG. Analisis distribusi pendaftar menunjukkan dominasi sektor rumah tangga dengan 86 persen, diikuti oleh usaha mikro, petani sasaran, dan nelayan sasaran.

Baca Juga: Dampak Penutupan SPBE di Ponorogo: Kelangkaan LPG 3kg dan Kenaikan Harga Tak Terhindarkan!

"Sebanyak 253.365 agen LPG sudah melakukan pencatatan transaksi agar siap melayani pada Juni mendatang. Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada agen LPG dan masyarakat sebagai konsumen," tambah Riva.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2007 dan Nomor 38 Tahun 2019 menjelaskan bahwa tabung gas LPG 3 kg hanya diperuntukkan bagi rumah tangga dan usaha mikro yang memanfaatkannya untuk memasak, serta nelayan dan petani yang menjadi target sasaran subsidi.

Masyarakat diimbau untuk segera mendaftarkan diri sebagai penerima subsidi dengan cara mendatangi pangkalan LPG 3 kg dan membawa KTP dan/atau Kartu Keluarga. Proses ini penting untuk memastikan kelancaran pembelian LPG subsidi di masa mendatang.

Untuk mengecek status pendaftaran NIK, konsumen dapat mengunjungi situs Subsidi Tepat LPG di subsiditepat.mypertamina.id/LPG/CekNIK
Pengecekan bisa dilakukan secara mandiri melalui website tersebut, yang akan memudahkan konsumen dalam memastikan kelayakan mereka sebagai penerima subsidi.

Baca Juga: Waspada! Pembatasan LPG dan Pertalite Segera Berlaku, Ini Rencana Pemerintah***

Editor: Yudhista AP

Sumber: MalangRaya.Co


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah