Pendaftaran PPDB Ponorogo 2024: Pendidikan Gratis Berkualitas Tanpa Pungutan, Benarkah?

- 6 Juni 2024, 09:48 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Drs. H. Nurhadi Hanuri M.M saat acara Purnawiyata ke-39 SMPN 1 Babadan, Jumat (31/5/2024)
Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Drs. H. Nurhadi Hanuri M.M saat acara Purnawiyata ke-39 SMPN 1 Babadan, Jumat (31/5/2024) /Humas/

Songgolangit.com – Menjelang pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025, Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo menegaskan komitmennya untuk menyelenggarakan proses pendaftaran tanpa pungutan biaya. Langkah ini diambil sebagai manifestasi dari kebijakan pemerataan akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Drs. H. Nurhadi Hanuri M.M selaku Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, dalam penyataannya pada Senin (3/6/2024), mengungkapkan bahwa persiapan pendaftaran untuk 558 SD Negeri dan 56 SMP Negeri yang terdistribusi di berbagai kecamatan telah matang.

“Kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya bagi peserta didik baru di TA 2024/2025. Pastikan calon siswa ini mendapat hak belajar yang semestinya,” tutur Drs. Nurhadi Hanuri.

Baca Juga: Bongkar Praktik Kotor PPDB! Forum Pemred PRMN Ajak Masyarakat Awasi Proses Penerimaan Siswa

Kadindik menegaskan bahwa tidak akan ada biaya yang dibebankan kepada calon peserta didik selama proses pendaftaran berlangsung. Hal ini sejalan dengan regulasi pemerintah yang melarang adanya pungutan dalam bentuk apapun dalam proses PPDB.

“Untuk kebutuhan seragam dan lainnya serahkan sepenuhnya kepada wali murid. Jika ingin dibantu dalam proses pengadaan, lakukan nanti setelah pendaftaran selesai,” imbuhnya.

Inisiatif ini diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi keluarga dan mendorong partisipasi pendidikan yang lebih luas. Dengan demikian, setiap anak di Kabupaten Ponorogo berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak tanpa terhalang oleh kendala finansial.

Baca Juga: Gubernur Larang Keras Jual Beli Kursi PPDB SMA/SMK, Tanpa Kecurangan, Adil bagi Semua
***

Editor: Yudhista AP

Sumber: Dinas Pendidikan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah